HARI GINI MASIH PERCAYA CALO?
Penerimaan Sekolah Kedinasan (IPDN) Melalui Sistem CAT (Computer Assisted Test) Badan Kepegawaian Negara

“....... tidak ada beda antara anak menteri dan anak petani, tidak ada beda antara anak gubernur dan anak tukang bubur, tidak ada beda antara anak bupati dan tukang pedati. Makanya untuk mencari aparatur yang bersih dan berwibawa yang pada gilirannya merekalah yang akan melaksanakan sebagai penyelenggara negara, harus dilakukan dengan penerimaan secara bebas dari KKN”.

BANDA ACEH - Kantor Regional XIII Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Banda Aceh kembali lakukan test penerimaan sekolah kedinasan, kali ini akan melaksanakan penerimaan Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang akan dilaksanakan dari tanggal 15 sampai dengan 21 Mei 2017 bertempat diruang CAT (Computer Assisted Test) Kantor Regional XIII BKN di Banda Aceh, dengan jumlah peserta Test Kompetensi Dasar (TKD) 1.138 orang peserta, khusus tanggal 16 Mei dilakukan jeda, untuk memberikan kesempatan peserta yang mengikuti test SMBPTN 2017, dan dilanjutkan kembali pelaksanaanya pada tanggal 17 Mei sampai selesai, pelaksanaan ini akan dilakukan persesi sebanyak 45 orang, dalam 3 sampai 5 Sesi perhari.

Institut Pemerintahan Dalam Negeri adalah salah satu sekolah kedinasan dibawah naungan Kementerian Dalam Negeri, disamping sekolah kedinasan lainnya yang bernaung di bawah Kementerian/Lembaga Negara lainnya, seperti BMKG dengan STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), Kementerian Perhubungan dengan STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat), Kementerian Hukum dan HAM dengan AKIP/AIM (Akademi Ilmu Pemasyarakatan/Akademi Imigrasi), Kementerian Keuangan dengan STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara), Badan Pusat Statistik dengan STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik).

Sekolah Kedinasan ini pada umumnya sudah dilakukan test TKD oleh BKN, pada tanggal 25 April 2017 yang lalu juga dilakukan test STTD, untuk sekolah kedinasan Seperti STMKG, AKIP/AIM dilaksanakan bersamaan pada tanggal 2 Mei 2017, sedangkan sekolah kedinasan STAN akan dilakukan pada tanggal 5 Juni 2017 dan STIS tanggal 6 Juni 2017.

Pelaksanaan terhadap penerimaan praja IPDN ini dilakukan dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) merupakan produk andalan BKN (Sertifikat HAKI Kemenkumham Nomor 072904 Tanggal 30 Mei 2013) yang dijamin hasilnya secara cepat akuntabel dan transparan, demikian kata Makmur, S.H.,M.Hum., Kepala Kantor Regional XIII BKN di Banda Aceh. Dikatakan cepat, karena hasil dapat dilihat dan disaksikan oleh keluarganya yang hadir diluar ruangan test pada layar monitor yang disediakan, mereka dapat merekam hasilnya dengan foto, video secara langsung dan juga print out hasil test persesi berupa passing grade, langsung ditempel detik itu juga, pada papan pengumuman yang disediakan. Sedangkan akuntabel semua hasil test persesi dan hasil akhir test dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan perundang-undangan dan sangat transparan, semua aktivitas kegiatan CAT sangat terbuka tidak ada hal yang ditutupi, demikian tandas Makmur.

Media ini menanyakan "Apa itu Passing Grade?", makmur menjelaskan passing grade adalah nilai ambang batas untuk setiap kriteria, sesuai dengan Peraturan MENPAN RB Nomor 29 Tahun 2014, Kriteria terdiri dari 3 (tiga) unsur yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP) passing grade 126, Tes Intelegensia Umum (TIU) passing grade 75, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) passing grade 70, jadi harus memenuhi passing grade dari masing-masing unsur/kriteria dan bukan merupakan akumulasi total.

Ditanya kenapa harus memakai CAT, Makmur menjelaskan bahwa dalam mencari calon aparatur yang bersih dan berkompetensi, dapat diandalkan, harus bisa bersaing secara terbuka, tidak ada beda antara anak menteri dan anak petani, tidak ada beda antara anak gubernur dan anak tukang bubur, tidak ada beda antara anak bupati dan tukang pedati. Makanya untuk mencari aparatur yang bersih dan berwibawa yang pada gilirannya merekalah yang akan melaksanakan selaku penyelenggara negara, harus dilakukan dengan penerimaan secara bebas dari KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme). Sehingga kedepannya betul-betul menciptakan ASN (aparatur sipil negara) yang berkompeten, sosok ASN kedepan adalah ASN yang propesional punya daya saing dan kompeten dalam menjalankan tugas pekerjaanya, artinya ASN yang lebih berkualitas dalam memberikan pelayanan publik.

makanya hari gini jangan percaya lagi pada calo-calo yang bergentayangan.

Kisah Inspiratif

Spirit Sang Elang, Pesan untuk Pemimpin

Ada banyak sekali hal yang hilang begitu duduk di atas. Tawa ria yang bebas, hubungan tanpa jarak, manusia-manusia tulus yang datang tanpa kepentingan

Pejabat Moderat

Hai para rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik dan kerjakanlah amal yang shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan

Bosan Hidup

Baik, besok sore kamu akan mati. Ambillah botol obat ini. Setengah botol diminum malam ini, setengah botol lagi besok sore jam enam.

Produk

Badan Kepegawaian Negara Regional XIII Aceh Secara Terus Menerus Selalu Mengembangkan
Produk Untuk Menunjang Layanan Kepegawaian Yang Lebih Baik

Kantor Regional XIII BKN Aceh

Jl. Sultan Iskandar Muda Gp. Gani Kec. Ingin Jaya Kab. Aceh Besar 23371
Telp. (0651) 8071007 | Fax. (0651) 8071016
kanreg13.bkn@gmail.com
http://fb.com/bknaceh
http://kanreg13bknaceh.com
5°30'49.5"N 95°22'41.3"E