Menuju Opini Wtp Yang Kesepuluh Kalinya, Penyusunan Laporan Keuangan Bkn Semester I Tahun Anggaran 2018 digelar

Jakarta (16/7) Kegiatan workshop penyusunan laporan keuangan semester 1 tahun anggaran 2018 digelar. Acara yang rutin diselenggarakan setiap semester ini merupakan upaya dalam mencapai opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK yang kesepuluh kalinya.

Sekretaris Utama BKN, Usman Gumanti menyatakan setiap uang negara yang digunakan dapat dipertanggungjawabkan secara laporan akrual dan bukti yang jelas dalam bentuk laporan keuangan. Peran setiap kantor regional BKN sangat diperlukan dalam penyusunan laporan keuangan.

Pembukaan workshop ini turut dihadiri oleh Bapak Mori selaku tim Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan (DAPK) dari Kementrian Keuangan, yang selanjutnya bertindak sebagai pemateri. Beliau menjelaskan bahwa BKN adalah instansi yang sangat jarang menyumbangkan permasalahan dalam laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP). Beberapa isu yang akan menjadi perhatian BPK dalam pemeriksaan laporan keuangan tahun ini yakni laporan keuangan diharapkan dapat memberikan manfaat dalam penganggaran tahun berikutnya, dapat disampaikan kebenarannya dan dilihat dengan azas kepatutannya, ketika output tercapai maka manfaatnya dapat dirasakan.

Isu penting lainnya yang menjadi perhatian BPK adalah perubahan nilai kapitalisasi BMN. Sesuai dengan peraturan menteri keuangan nomor 181/PMK.06/2016 tentang penatausahaan barang milik negara (BMN) dijelaskan bahwa nilai kapitalisasi BMN berubah dari 300 ribu rupiah menjadi 1 juta rupiah untuk peralatan dan mesin, sedangkan untuk gedung dan bangunan menjadi 25 juta rupiah. Beliau juga mengingatkan agar melakukan penalaahan POK dan merevisi anggaran sesuai dengan peraturan tersebut.

Workshop penyusunan laporan keuangan ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 16 Juli 2018 s.d 18 Juli 2018, pesertanya dari Kantor Regional se Indonesia sebanyak 39 orang dan wakil satuan kerja di lingkungan kantor pusat BKN sebanyak 18 orang, dengan dilaksanakannya workshop ini diharapkan peserta dapat menyusun laporan keuangan dengan sebaik-baiknya ssesuai dengan ketentuan yang berlaku.




Kisah Inspiratif

Spirit Sang Elang, Pesan untuk Pemimpin

Ada banyak sekali hal yang hilang begitu duduk di atas. Tawa ria yang bebas, hubungan tanpa jarak, manusia-manusia tulus yang datang tanpa kepentingan

Pejabat Moderat

Hai para rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik dan kerjakanlah amal yang shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan

Bosan Hidup

Baik, besok sore kamu akan mati. Ambillah botol obat ini. Setengah botol diminum malam ini, setengah botol lagi besok sore jam enam.

Produk

Badan Kepegawaian Negara Regional XIII Aceh Secara Terus Menerus Selalu Mengembangkan
Produk Untuk Menunjang Layanan Kepegawaian Yang Lebih Baik

Kantor Regional XIII BKN Aceh

Jl. Sultan Iskandar Muda Gp. Gani Kec. Ingin Jaya Kab. Aceh Besar 23371
Telp. (0651) 8071007 | Fax. (0651) 8071016
kanreg13.bkn@gmail.com
http://fb.com/bknaceh
http://kanreg13bknaceh.com
530'49.5"N 9522'41.3"E