Senyum bersama BKN, senyum baru dan harapan baru
Operasi Bibir Sumbing dan Langit-Langit Gratis Dalam Rangka HUT BKN Ke-69

Badan Kepegawaian Negara adalah suatu lembaga pemerintah non kementerian yang bertanggung jawab kepada Presiden (Pasal 28 PP No. 9 Tahun 2003 Tentang Wewenang Pengangkatan, Pemindahan, Dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil), lembaga ini dibentuk pada tahun 1948 dengan nama KUP (Kantor Urusan Pegawai). Berkedudukan di ibukota pemerintahan di Yogyakarta dan dipimpin oleh seorang Kepala yaitu Raden Pandji Soeroso. Sesuai dengan perkembangan, dimana peran aparatur pemerintah semakin dirasakan, pemerintah menganggap perlu menetapkan kembali kedudukan, fungsi, tugas, dan organisasi KUP, Untuk maksud tersebut, maka KUP yang merupakan institusi yang bertugas melakukan pembinaan kepegawaian diubah menjadi Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN) dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1972. Penetapan Peraturan Pemerintah ini adalah juga sebagai pelaksanaan dari Undang-undang Nomor 18 Tahun 1961.

Makmur, S.H., M.Hum., Kepala Kantor Regional XIII BKN di Banda Aceh mengatakan Momentum terbitnya Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian, dengan perubahan nomenklatur BAKN menjadi BKN, menjadi awal kelahiran kembali BKN dengan ”baju” baru. Harapan perubahan paradigma fungsi ”penatausahaan” yang selama ini melekat telah dicanangkan dan berubah menjadi paradigma ”pengelolaan” atau manajemen kepegawaian. Dalam kaitan ini, orientasi pembinaan di bidang kepegawaian merupakan fungsi yang semestinya dipedomani oleh BKN. Yang pada gilirannya ditegaskan kembali dengan terbitnya UU Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara, yang di dalam Pasal 47 mengatur tentang fungsi BKN yaitu, pembinaan penyelenggaraan Manajemen ASN; penyelenggaraan Manajemen ASN dalam bidang pertimbangan teknis formasi, pengadaan, perpindahan antar instansi, persetujuan kenaikan pangkat, pensiun; dan penyimpanan informasi Pegawai ASN yang telah dimutakhirkan oleh Instansi Pemerintah serta bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengembangan Sistem Informasi ASN. Pasal 48 mengatur tentang Tugas BKN yaitu, mengendalikan seleksi calon Pegawai ASN; membina dan menyelenggarakan penilaian kompetensi serta mengevaluasi pelaksanaan penilaian kinerja Pegawai ASN oleh Instansi Pemerintah; membina Jabatan Fungsional di bidang kepegawaian; mengelola dan mengembangkan sistem informasi kepegawaian ASN berbasis kompetensi didukung oleh sistem informasi kearsipan yang komprehensif; menyusun norma, standar, dan prosedur teknis pelaksanaan kebijakan Manajemen ASN; menyelenggarakan administrasi kepegawaian ASN; dan mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan norma, standar, dan prosedur manajemen kepegawaian ASN. Untuk mendekatkan pelayanan kepada PNS di Provinsi Aceh dibentuklah Kantor Regional XIII BKN Banda Aceh dengan Peraturan Kepala BKN Nomor 20 Tahun 2014.

“Kenapa Operasi Bibir Sumbing dan Langit-Langit Gratis ini BKN laksanakan, karena penderita Bibir Sumbing adalah cacat bawaan lahir, yang tentunya bayi baru lahir ini adalah generasi Indonesia yang akan tumbuh melanjutkan hidup dan kehidupan, bahkan kemungkinan sebagai pegawai ASN yang akan melanjutkan penyelenggaraan Pemerintahan.”

Dalam umur BKN ke 69 Tahun yang jatuh pada tanggal 30 Mei 2017 Kantor Regional XIII BKN di Banda Aceh melaksanakan rangkaian kegiatan yang paling utama adalah Operasi Bibir Sumbing dan Langit-Langit Gratis atas dukungan Yayasan Smile Train Indonesia bertempat di RSUD Kota Subulussalam, Aceh, pada tanggal 6 Mei 2017. Kegiatan ini melibatkan 16 Orang para medis dari Banda Aceh yang dipimpin oleh dr. M. Jailani, SpBP., RE (K) dan atas dukungan Walikota Subulussalam.

Makmur juga mengatakan bahwa dalam bakti sosial Operasi Bibir Sumbing dan Langit-Langit Gratis, dalam rangka HUT BKN ke 69 ini akan dihadiri langsung oleh Kepala BKN Pusat, Bapak Bima Haria Wibisana, yang sekaligus akan melakukan pertemuan dan direncanakan akan memberikan kuliah umum kepada PNS dilingkungan Pemko Subulussalam, Kabupaten Aceh Singkil dan Kabupaten Aceh Selatan tentang pembinaan manajemen kepegawaian secara Nasional khususnya mengenai Talent Pool dan Merit System.

Kenapa Operasi Bibir Sumbing dan Langit-Langit Gratis ini BKN laksanakan, sebut Makmur, karena penderita Bibir Sumbing adalah cacat bawaan lahir, yang tentunya bayi baru lahir ini adalah generasi Indonesia yang akan tumbuh melanjutkan hidup dan kehidupan, bahkan kemungkinan sebagai pegawai ASN yang akan melanjutkan penyelenggaraan Pemerintahan.

Yang sebenarnya anak dengan kelainan bibir sumbing dapat tumbuh dengan normal seperti anak-anak lainnya, namun kondisi seperti ini secara fisik dapat mengganggu penampilan estetika dan kemampuan vokal anak untuk berbicara. Oleh sebab itu anak-anak dengan bibir sumbing bisa merasa minder, malu, dan secara psikologis terganggu. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kondisinya diperbaiki sejak dini sehingga tidak mengganggu proses belajar berbicara terutama sebelum anak masuk usia sekolah.

Bibir sumbing dapat diatasi hanya dengan tindakan operasi. Namun perlu difahami bahwa operasi bibir sumbing tidak dapat langsung dilakukan pada saat bayi baru lahir. Biasanya operasi baru dilakukan pada saat usia bayi 3 bulan dan sudah remaja. Setelah operasi selesai dilakukan, maka kemampuan bicara tidak langsung kembali seperti normal karena otot-otot di bibir belum berfungsi sempurna. Oleh karena itu tetap perlu dilakukan terapi bicara supaya mempercepat kemampuan berbicara. Oleh karenanya generasi Indonesia ini kita harapkan tidak adanya gangguan secara psikologis, disinilah Kantor Regional XIII BKN Banda Aceh ikut berperan aktif untuk melaksanakan kegiatan Operasi Bibir Sumbing dan Langit-Langit Gratis ini sehingga generasi ini dapat tersenyum bersama BKN dengan “senyum baru dan harapan baru”.

Untuk ini kita harapkan bagi pasien penderita bibir sumbing agar mendaftar kepada Kantor Regional XIII BKN Banda Aceh atau melalui Kontak Person Rahmad Maulizar 081360395730, Warsid 085358338838 dan Irwan Basyir 081370777474.

Kisah Inspiratif

Spirit Sang Elang, Pesan untuk Pemimpin

Ada banyak sekali hal yang hilang begitu duduk di atas. Tawa ria yang bebas, hubungan tanpa jarak, manusia-manusia tulus yang datang tanpa kepentingan

Pejabat Moderat

Hai para rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik dan kerjakanlah amal yang shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan

Bosan Hidup

Baik, besok sore kamu akan mati. Ambillah botol obat ini. Setengah botol diminum malam ini, setengah botol lagi besok sore jam enam.

Produk

Badan Kepegawaian Negara Regional XIII Aceh Secara Terus Menerus Selalu Mengembangkan
Produk Untuk Menunjang Layanan Kepegawaian Yang Lebih Baik

Kantor Regional XIII BKN Aceh

Jl. Sultan Iskandar Muda Gp. Gani Kec. Ingin Jaya Kab. Aceh Besar 23371
Telp. (0651) 8071007 | Fax. (0651) 8071016
kanreg13.bkn@gmail.com
http://fb.com/bknaceh
http://kanreg13bknaceh.com
5°30'49.5"N 95°22'41.3"E