Pengangkatan PTT Layak Diprioritaskan

Kepala Kantor Regional (Kakanreg) XIII Badan Kepegawaian Negara (BKN) Banda Aceh, Makmur Ibrahim SH MHum mengatakan, semua Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yang ada di Aceh seharusnya dapat diangkat menjadi CPNS Daerah oleh pemkab/pemko tempat mereka bertugas selama ini.
Pertimbangannya, pengangkatan PTT tersebut, yakni sudah lulus kembali dalam tes tahun 2016, tidak akan membebani keuangan daerah, karena penggajian mereka bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) yang setiap tahun ditransfer pemerintah pusat ke kabupaten/kota.
“Jadi, sangat tidak wajar bila beralasan keterbatasan keuangan daerah sehingga sejumlah pemkab/pemko di Aceh hanya mengangkat separuh PTT Kemenkes yang ada di daerah tersebut,” ungkap Makmur.
Justru itulah, semua PTT Kemenkes yang ada di Aceh diminta tidak risau oleh isu yang menyatakan sejumlah pemkab/pemko di Aceh tak akan mengangkat seluruh PTT Kemenkes yang ada karena keterbatasan APBK.
Dijelaskan, berdasarkan Surat Deputi Menteri PAN & RB Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur kepada Dirjen Perimbangan Keuangan Nomor B/2830/D.III.PAN-RB/2016 tanggal 18 Agustus 2016 tentang Jumlah Formasi CPNS Tahun 2016 bahwa pada tahun 2016 ditetapkan formasi PNSD dengan jumlah 63.995 orang.
Mereka diprioritaskan untuk memenuhi kekurangan pegawai tenaga kesehatan, tenaga pendidik, dan tenaga teknis yang terkait Nawacita. Terhadap formasi CPNSD tahun 2016 tersebut, sudah diperhitungkan anggarannya dalam Dana Alokasi Umum (DAU) 2017. “Dengan demikian, sekali lagi tidak ada alasan bagi pemkab/pemko untuk menghindari pengangkatan seluruh PTT Kemenkes yang ada di daerah kita ini.”
Total PTT Kemenkes RI di Aceh yang lulus kembali pada tes tahun 2016 sebanyak 4.201 orang. Jumlah itu terdiri atas 114 dokter umum, 53 dokter gigi, dan 4.034 bidan. Mereka, saat ini bertugas di 23 kabupaten/kota se-Aceh plus provinsi.
Bagi para bupati, wali kota, dan bahkan gubernur di daerah ini harus melihat klarifikasi dari pejabat BKN Banda Aceh itu sebagai bagian dari solusi mengcover kekurangan tenaga kesehatan di daerah-daerah selama ini. Keluhan masyarakat selama ini, bukan hanya di kawasan pedesaan, tapi di rumah-rumah sakit daerah juga ketiadaan dokter, terutama spesialis. Dan, kekurangan itu, selama ini ditutupi oleh para PTT, baik di rumah sakit maupun di Puskesmas.
Jadi, kontribusi PTT itu sangat dirasakan oleh masyarakat kita yang tak mampu menjangkau fasilitas dan pelayanan kesehatan berkelas premium seperti orang-orang kaya. Makanya, kita sependapat jika mereka yang sudah memberikan kontribusinya perlulah mendapat penghargaan dari pemerintah dengan mengangkat mereka menjadi aparatur sipil negara (ASN).
Kemudian, pemerintah perlu juga membuat regulasi atau kontrak dengan para calon ASN itu yang isinya mereka diminta tetap mengabdi di lokasi tugas selama ini dan hanya bisa pindah tugas atas izin kepala daerah. Nah?!

Kisah Inspiratif

Spirit Sang Elang, Pesan untuk Pemimpin

Ada banyak sekali hal yang hilang begitu duduk di atas. Tawa ria yang bebas, hubungan tanpa jarak, manusia-manusia tulus yang datang tanpa kepentingan

Pejabat Moderat

Hai para rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik dan kerjakanlah amal yang shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan

Bosan Hidup

Baik, besok sore kamu akan mati. Ambillah botol obat ini. Setengah botol diminum malam ini, setengah botol lagi besok sore jam enam.

Produk

Badan Kepegawaian Negara Regional XIII Aceh Secara Terus Menerus Selalu Mengembangkan
Produk Untuk Menunjang Layanan Kepegawaian Yang Lebih Baik

Kantor Regional XIII BKN Aceh

Jl. Sultan Iskandar Muda Gp. Gani Kec. Ingin Jaya Kab. Aceh Besar 23371
Telp. (0651) 8071007 | Fax. (0651) 8071016
kanreg13.bkn@gmail.com
http://fb.com/bknaceh
http://kanreg13bknaceh.com
5°30'49.5"N 95°22'41.3"E