Untuk Kedua Kali-nya Kanreg XIII BKN Banda Aceh Gelar Talent Pool

Banda Aceh (7/8) – Kegiatan penilaian potensi dan komptensi pejabat pimpinan tinggi pratama dan administrator 2018 di gelar, Kegiatan Talent Pool JPT ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari mulai dari hari selasa (7/8) sampai dengan hari jumat (10/8), kegiatan ini adalah kali kedua dilaksanakan di Kantor Regional XIII BKN setelah sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2017 lalu, Kegiatan Penilaian Potensi dan Kompetensi JPT dan Administrator yang diselenggarakan BKN ini merupakan respons atas sasaran yang ingin dicapai oleh pemerintah melalui Reformasi Birokrasi yaitu penerapan menajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) yang transparan, kompetitif dan berbasis merit.

Sekretaris Utama BKN, Usman Gumanti, dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa "ini sudah dua kali dilaksanakan, dengan keterbatasan Kanreg XIII tapi dapat melaksanakan dengan baik".

Ini adalah salah satu langkah strategis yang dilakukan BKN sebagai Pengelenggara Manajemen ASN dan sebagai Pembinan dan Penyelenggara Penilaian Kompetensi ASN dalam menyiapkan database potensi dan kompetensi JPT dan Administrator atau Talent Pool, diharapkan database ini terintegrasi dengan sistem informasi kepegawaian untuk dapat dimanfaatkan oleh instansi untuk menyusun profil PNS sebagaimana amanat PP 11 Tahun 2017, tambah Sekretaris Utama BKN.

Sebanyak 25 (dua puluh lima) pejabat pimpinan tinggi pratama dan 35 (tiga puluh lima) administrator yang berasal dari 5 (lima) kota di wilayah kerja Kantor Regional XIII BKN Banda Aceh yaitu Kota Banda Aceh, Lhokseumawe, Sabang, Subulussalam dan Langsa.

Kepala Kantor Regional XIII BKN, Makmur, SH. M.Hum dalam sambutannya juga menambahkan bahwa dasar hukum penyelenggaraan kegiatan Penilaian Potensi dan Kompetensi untuk Penyusunan Talent Pool JPT dan Administrator adalah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 yang mengatur tentang kebijakan dan pengelolaaan ASN berbasis pada sistem merit, dimana menekan pada aspek kualifikasi, kompetensi dan kinerja.

UU ASN mengatur pula tentang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) yang pengisiannya dilakukan melalui sebuah seleksi yang bersifat kompetitif dan terbuka melalui uji kompetensi dengan metode assessment center, namun terkadang proses ini membutuhkan waktu lama sehingga diatur pula tentang pengecualian seleksi terbuka dan kompetitif apabila instansi telah melaksanakan sistem merit melalui pengelolaan pegawai berbasis manajemen talenta.

Turut hadir dalam acara ini Asesor SDM Aparatur Ahli Utama, Yulina Setiawati N.N menyampaikan materi penilaian potensi dan kompetensi jabatan pimpinan tinggi pratama dan administrator di lingkungan kerja Kantor Regional XIII BKN Banda Aceh. [irw]


Kisah Inspiratif

Spirit Sang Elang, Pesan untuk Pemimpin

Ada banyak sekali hal yang hilang begitu duduk di atas. Tawa ria yang bebas, hubungan tanpa jarak, manusia-manusia tulus yang datang tanpa kepentingan

Pejabat Moderat

Hai para rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik dan kerjakanlah amal yang shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan

Bosan Hidup

Baik, besok sore kamu akan mati. Ambillah botol obat ini. Setengah botol diminum malam ini, setengah botol lagi besok sore jam enam.

Produk

Badan Kepegawaian Negara Regional XIII Aceh Secara Terus Menerus Selalu Mengembangkan
Produk Untuk Menunjang Layanan Kepegawaian Yang Lebih Baik

Kantor Regional XIII BKN Aceh

Jl. Sultan Iskandar Muda Gp. Gani Kec. Ingin Jaya Kab. Aceh Besar 23371
Telp. (0651) 8071007 | Fax. (0651) 8071016
kanreg13.bkn@gmail.com
http://fb.com/bknaceh
http://kanreg13bknaceh.com
530'49.5"N 9522'41.3"E