CAT BKN Saring 147.702 Calon Mahasiswa Politeknik Keuangan Negara - PKN STAN 2018

Banda Aceh (29/6) Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. STAN didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No.45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No.12 Tahun 1967 serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI No.1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977.

Sejak kamis kemarin (28/6) Badan Kepegawaian Negara beserta Kementerian Keuangan melalui CAT BKN lakukan Seleksi Calon Mahasiswa Baru Politeknik Keuangan Negara STAN yang berlokasi di Gedung Keuangan Negara, Jl. Tgk Chik Ditiro Banda Aceh, kegiatan ini dilaksanakan serentak seluruh indonesia secara online, untuk lokasi ujian di banda aceh dimulai sejak tanggal 28 Juni dan berakhir pada 2 Juli 2018 dengan total peserta yang mendaftar sebanyak 1.548 peserta untuk lokasi ujian di Banda Aceh, sedangkan secara nasional total 147.702 peserta yang akan merrebutkan 7.301 kursi atau 4,9% dari total pelamar., Seleksi ini dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) sesi dalam sehari dan setiap sesi berjumlah 111 kuota peserta.


Namun ada yang berbeda dengan seleksi kali ini, selain mengikuti SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) peserta juga harus melajutkan dua model tes lainnya yaitu TPA (Tes Potensi Akademik) dan TBI (Tes Bahasa Inggris) langsung setelah SKD selesai, sehingga durasi ujian yang biasanya 90 menit menjadi 150 Menit (2 Jam 30 Menit). 

Ujian SKD berlangsung selama 90 Menit dengan Jumlah soal 100 terdiri dari 35 Soal Wawasan Kebangsaan (TWK), 30 Soal Intelegensi Umum (TIU) dan 35 Soal Karakteristik Pribadi TKP) dengan menggunakan Passing Grade/Ambang Batas sesuai dengan peraturan Menpan RB Nomor 22 Tahun 2018 yaitu TWK minimum 75, TIU minimum 80 dan TKP minimum 143, sedangkan untuk seleksi TPA berdurasi 40 Menit untuk 45 soal dengan Nilai Ambang Batas 67 dan TBI berdurasi 20 menit untuk 30 soal dengan Nilai Ambang Batas 30, khusus untuk TPA dan TBI ada pengurangan nilai jika jawaban salah, sehingga bisa saja seorang peserta mendapatkan nilai minus untuk kedua model tes ini.

Sesuai dengan namanya, CAT BKN mengusung motto "Cepat Akurat dan Transparan" membuat para orang tua calon mahasiswa merasa puas dan tidak khawatir dengan hasil akhir ujian yang diikuti oleh anaknya, bagaimana tidak, ini seperti menonton live piala dunia ucap Bapak Sutrisno salah satu orang tua calon peserta kepada redaksi BKN Regional Aceh ketika sedang menonton pergerakan nilai secara live di halaman gedung lokasi ujian, pada akhir pertandingan langsung dapat diketahui lolos tidaknya seorang peserta, sehingga anggapan bahwa kelulusan bisa diurus itu hanya menjadi cerita lama dengan adanya teknologi CAT seperti ini, terimakasih BKN, ucapnya bangga.[irw]


Kisah Inspiratif

Spirit Sang Elang, Pesan untuk Pemimpin

Ada banyak sekali hal yang hilang begitu duduk di atas. Tawa ria yang bebas, hubungan tanpa jarak, manusia-manusia tulus yang datang tanpa kepentingan

Pejabat Moderat

Hai para rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik dan kerjakanlah amal yang shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan

Bosan Hidup

Baik, besok sore kamu akan mati. Ambillah botol obat ini. Setengah botol diminum malam ini, setengah botol lagi besok sore jam enam.

Produk

Badan Kepegawaian Negara Regional XIII Aceh Secara Terus Menerus Selalu Mengembangkan
Produk Untuk Menunjang Layanan Kepegawaian Yang Lebih Baik

Kantor Regional XIII BKN Aceh

Jl. Sultan Iskandar Muda Gp. Gani Kec. Ingin Jaya Kab. Aceh Besar 23371
Telp. (0651) 8071007 | Fax. (0651) 8071016
kanreg13.bkn@gmail.com
http://fb.com/bknaceh
http://kanreg13bknaceh.com
530'49.5"N 9522'41.3"E